Shop Blog
Discover our latest events, stories, and promotions here!
Sep 22, 2021
Seberapa Penting Stimulasi Sensorik dan Motorik Pada Anak dengan Sensory Play?



Hallo Fobbies, sebelum membahas tentang pentingnya stimulasi sensorik dan motorik pada anak, yuk ketahui terlebih dahulu apa itu sensori. Nah, sensori adalah suatu keterampilan yang berhubungan dengan fungsi pada semua indra di dalam tubuh, Meliputi indra penglihatan, pendengaran, perasa, penciuman, hingga sentuhan. Dan kebanyakan orang tua diluar sana memahai bahwa sensori adalah berupa perabaan saja, padahal meliputi semua indra yang ada ditubuh kita dan kemampuan sensori pada anak penting untuk distimulasi lho Fobbies. 



Memang kenapa kemampuan sensori penting untuk di stimulasi Sismin?


Dengan adanya kemampuan sensorik, si kecil bisa mengenali dan menjelajahi lingkungan sekitar selama masa tumbuh kembangnya. Apalagi di masa-masa awal kehidupannya, anak belajar dan mendapatkan pengetahuan melalui aktivitas-aktivitas sensorial. Mulai dari mengenal warna, cahaya, suara, rasa, tekstur atau bau. Semua hal tersebut didapatkan melalui indranya Fobbies.


Penting untuk memperhatikan dan memberikan stimulasi pada anak agar ia dapat berkembang sesuai dengan usianya. Salah satu stimulasi yang dapat Fobbies berikan pada anak yaitu permainan sensori atau sensory play. Kalau mendengar tentang sensory play, sebagian orang akan langsung berpikir soal permainan seperti pegang pasir, tanah atau permainan mengenal tekstur. Padahal sebenarnya sensory play ini bukan melulu soal sentuhan atau indra peraba, tapi juga indra lainnya. Permainan sensori atau sensory play mencakup aktivitas apa pun yang merangsang indra peraba, penciuman, pengecap, penglihatan dan pendengaran anak kecil.



Terus apa manfaat dari permainan sensori ini?


Melalui permainan sensori, anak akan belajar dan mendapatkan pengalaman baru. Pengalaman baru ini akan disimpan dalam memori anak yang kelak akan ia pergunakan di kemudian hari. Selain itu, permainan sensori juga punya manfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan bahsa Si Kecil, juga megembangkan motorik halusnya, dan permainan sensori dapat bermanfaat untuk menenangkam perasaan anak juga Fobbies. Dan untuk menstimulasi sensori, bisa melalui permainan sensori atau sensory play menggunakan bahan atau benda yang ada disekitar kita khususnya rumah. Seperti misalnya menggunakan beras atau kacang”an, mie, karpet, kapas dan lain sebagainya yang sekiranya benda”nya aman untuk anak dan jangan lupa untuk tetap mengawasi anak saat bermain.



Nah Fobbies, itu tadi pentingnya stimulasi sensori dan manfaat permainan sensori untuk anak. Namun ketika hendak memberikan sensory play untuk anak dengan barang-barang dirumah, terkadang ada beberapa orang tua yang tidak ingin repot dan ingin praktisny saja, seperti contohnya sensory play itu dapat dibawa kemana saja dan tidak mebuat rumah kotor.


Dan Foxandbunny memiliki solusi tepat untuk Fobbies nih, yaitu Baby Sense Sensory Path dari Foxandbunny. Sensory Path ini merupakan jalur merayap dan berjalan dengan berbagai tekstur, untuk menstimulus sensori peraba dan mengenalkan berbagai macam tekstur bagi anak, sehingga anak tidak takut terhadap tekstur-tekstur tertentu. Ngga jarang ada anak yang takut dengan tekstur tertentu misalnya tekstur kasar dari rumput. Nah di sinilah sensory path digunakan untuk mengenalkan anak tentang tekstur, sehingga anak tidak merasa geli atau takut. Bisa digunakan sejak usia 0-3 tahun terutama saat anak sedang Tummy Time dan dalam fase merayap, merangkak, serta berjalan. 





Oiya Fobbies, terkadang kita merasa kesulitan untuk menjelaskan tentang konsep halus, kasar, lembut, keras pada anak, tapi melalui sensory path ini orang tua akan dipermudah karna ada contoh nyata dari macam-macam tekstur tersebut. Sehingga ketika kita berusaha menjelaskan konsep-konsep tekstur tersebut, anak akan lebih mudah mengerti.


Sensory path memiliki berbagai macam manfaat untuk anak, misalnya dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak dengan penambahan kosakata, melatih motorik halus misalnya saat anak menggenggam atau memegang objek yang ada di Sensory Path, mengembangkan kognitif, anak jadi tahu tentang tekstur, pemahaman baru, kenal warna dan kenal bentuk, serta dapat juga meningkatkan bonding antara orang tua dan si kecil.


Baby Sense Sensory Path ini punya tekstur berbeda pada tiap halamannya, terdiri dari 2 stage, di mana stage 1 (Basic Texture Stage) melatih sensori indra kulit dan mengenalkan pada berbagai tekstur halus untuk merangsang stimulasi di usia tumbuh kembang awal. Stage 2 (Advance Texture Stage) melatih sensori indra kulit dan mengenalkan pada berbagai tekstur halus hingga kasar untuk maksimalkan saat si Kecil dari fase merangkak hingga belajar jalan. 


Nah meski di rumah, Fobbies tetap bisa memberikan stimulasi bagi perkembangan si kecil dengan Baby Sense Sensory Path Foxandbunny,

Jadi, Sudah Punya Babysense Sensory Path di rumah Fobbies?








Mentioned Products :
Sensory Path | Baby Sense | Usia 0-3 thn
Sep 15, 2021
Yuk Melatih Penglihatan Bayi dengan Contrast Book Foxandbunny



Hi Fobbies...



Fobbies tau gak, meski bayi sudah mampu membuka matanya dan kadang terlihat sedang menatap kearah kita, faktanya penglihatan bayi masih belum sempurna lho. Tapi ga perlu khawatir Fobbies, itu hal yang wajar dan penglihatan bayi nantinya akan terus berkembang sesuai usianya.


Menurut Dr Sears dalam artikelnya Visual Stimulation Tips for the Newborn Months, memaparkan ketika  anak baru lahir, retina matanya hanya mampu mendeteksi warna yang sangat kontras seperti gelap dan terang atau hitam dan putih. Dari penelitian yang telah dilakukan, juga membuktikan bahwa warna kontras putih dan hitam mengirimkan sinyal yang lebih kuat ke otak saat pada usia new born. 


Walaupun pengelihatan anak akan berkembang seiring dengan waktu, Fobbies tetap harus memberikan stimulasi yang tepat kepada anak. Karena bukan tidak mungkin anak mengalami keterlambatan perkembangan pengelihatan nih, atau tidak berfungsi secara optimalnya saraf pengelihatan anak,  ketika kita tidak memberikan stimulasi yang tepat kepada anak. 


Nah untuk menstimulasi perkembangan pengelihatan anak khususnya anak usia 0 tahun ke atas, Fobbies dapat memberikan ransangan berupa gambar dengan warna kontras karena anak akan lebih atraktif ketika diberikan warna kontras dari pada warna pastel.


Untuk menstimulasi perkembangan pengelihatan anak usia 0 tahun ke atas, Foxandbunny memiliki produk bernama Contrast Book ni Fobbies. Contrast Book ini masih satu rangkaian dari seri Baby Book, namun ada perbedaan yang paling menonjol nih dari seri Baby Book lainnya. Yakni sesuai dengan namanya, Contrast Book ini hanya menggunakan warna kontras seperti hitam, putih, dan juga merah Fobbies.





Apa hanya itu saja?


Tentu tidak Fobbies, selain menggunakan warna kontras yang bisa menstimulasi pengelihatan anak, Contrast Book ini juga bisa menstimulasi kognitif, sensori dan juga motorik pada anak. Kelebihan lainnya adalah Contrast Book ini menggunakan berbagai jenis tektur yang bisa mengenalkan anak dengan tekstur yang bisa menstimulasi indera peraba anak, terdapat juga bunyi yang dapat menstimulasi pendengaran anak. Contrast Book terbuat dari kain Poly Premium sehingga dapat melatih motorik halus anak  karena dapat diremas remas oleh tangannya.


Dan yang pasti Contrast Book ini aman banget Fobbies buat anak.

Ingat ya Fobbies, jangan sampai kita lupa untuk menstimulasi anak agar mereka dapat tumbuh dan berkembang sesuai usianya😉

Mentioned Products :
Contrast Book | Baby Book Series | 0 -1 Th
Baby Book Series dan Contrast Book - Promo Bundling
Baby Book - All Series
Aug 27, 2021
Yuk Bentengi Diri dari Covid 19 dengan Masker Kain FoxandBunny



Hai Fobbies,

Semenjak akhir tahun 2019 lalu, tanpa kita duga sebelumnya bumi kita dilanda wabah Covid- 19 dan mulai masuk ke Indonesia pada awal tahun 2020. Dengan adanya Covid- 19 ini, kita diwajibkan untuk selalu menjaga kebersihan dan mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, seperti wajib memakai masker, sering mencuci tangan atau memakai hand sanitizer, menjaga jarak, dan tidak berkeruman., Sehingga menyebabkan semua aktivitas beserta mobilitas kita terhambat, sedih banget ya Fobbies.



Semenjak menyebarnya Wabah Covid- 19, WHO telah menetapkan bahwa penggunaan masker adalah suatu hal yang wajib, bahkan pemerintah tak segan untuk memberikan sanksi bagi siapa yang tidak menggunakan masker. Alasannya karena dengan menggunakan masker, kita dapat meminimalisir penularan Covid- 19. Dan berawal dari situlah FoxandBunny membuat masker yang aman, nyaman, dan ramah lingkungan.



Mengapa harus menggunakan masker dari FoxandBunny? 


  1. Pertama, masker kain dari FoxandBunny memiliki kelebihan yaitu washable dan reusable. Yang artinya dapat dicuci dan digunakan berkali-kali, jadi lebih hemat dan ramah lingkungan ya Fobbies. 
  2. Kedua, tanpa pemutih dan menggunakan material bahan yang aman untuk kulit, tentunya aman jika digunakan anak-anak ya Fobbies
  3. Ketig dari segi ukuran, masker kain  FoxandBunny memiliki ukuran yang sesuai untuk menutupi mulut dan hidung.
  4. Keempat, masker FoxandBunny dilengkapi dengan penyaring udara untuk mencegah partikel masuk dan memberikan perlindungan dari droplet hingga 70%.
  5. Yang terkahir adalah Breathability untuk memudahkan pernafasan, jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak memakai masker karna sulit bernafas ya Fobbies. 


Masker dari FoxandBunny ini dapat digunakan untuk anak hingga orang dewasa dengan ukuran S dan M untuk masing-masing versinya. Jadi Fobbies gausah khawatir kalau maskernya kebesaran atau kekecilan  ya, selain itu juga ada 2 macam model yaitu headloop atau earloop, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Fobbies semua. 




Untuk keamanannya, Fobbies tidak perlu khawatir, karena masker ini terdiri dari 3 lapis, dengan lapis luar adalah katun dengan warna warna kekinian, seperti maroon, brick, grey, emerald, navy, turqoise, olive, mauve, brown, cream, dan mustard. lapisan tengah adalah kain tissue, dan lapisan dalam adalah kain hitam sebagai tanda dengan fungsi agar tidak terbalik saat menggunakannya.

Jadi, Fobbies mau koleksi masker FoxandBunny warna apa nih?

Stay safe, stay healty <3 



Mentioned Products :
Masker Dewasa 3 Lapis
Masker Kain Dewasa 3 Lapis
Masker Dewasa & Anak
Aug 27, 2021
10 Aktivitas Life Skill untuk Si Buah Hati dengan Busy Book Series Bunny


Fobbies, mengajarkan anak untuk bisa mengenal angka, berhitung, mengenal huruf, membaca atau menulis itu penting, tapi ada hal lain yang ngga kalah pentingnya untuk diberikan dan diajarkan pada anak lho. Keterampilan tersebut berupa keterampilan kecakapan hidup atau Life skill.ife skill merupakan keterampilan hidup dan kemampuan yang diperlukan seseorang untuk bisa mandiri dalam kehidupan. Keterampilan hidup, merupakan kecakapan sehari-hari yang diperlukan oleh seseorang agar bisa menjalani hidupnya. Life skill atau keterampilan kecakapan hidup ini penting diajarkan anak, karena dimaksudkan agar anak bisa untuk menolong diri sendiri, mandiri, disiplin dan bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri. 


Fobbies, ada beberapa basic life skill yang penting diajarkan kepada anak yaitu seperti sopan santun, misalnya membiasakan anak untuk menggunakan 3 kata santun seperti tolong, maaf, dan terima kasih. Kemudian keemampuan mengurus diri seperti berpakaian, memakai sepatu, sandal, meletakkan pakaian kotor, makan sendiri, cuci tangan, sikat gigi, mandi sendiri, dan aktivitas - aktivitas lainnya. Lalu ada pekerjaan rumah tangga seperti membersihkan kamar, membereskan mainan, membereskan peralatan makan, menjemur baju, menyapu, mengepel, dan pekerjaan rumah lainnya. 



Nah Fobbies, beberapa keterampilan tersebut dapat diajarkan kepada anak melalui pembiasaan kegiatan sehari-hari di rumah. Fobbies juga bisa memberikan contoh dan mengajak anak melakukan aktivitas tersebut bersama-sama, misalnya mengajak anak untuk membereskan mainan yang berantakan, mengembalikan mainan atau barang-barang ditempat semula.  Hal tersebut fungsi agar nantinya anak dapat mengikuti dan mulai terbiasa melakukan aktivitas-aktivitas tersebut dengan sendirinya.



Selain melalui pembiasaan dan memberikan contoh, Fobbies juga bisa menggunakan media, yang dapat membantu mengenalkan keterampilan-keterampilan tersebut kepada anak. Dan FoxandBunny punya seri Busy Book yang berisikan tentang kegiatan-kegiatan life skill yang bisa Fobbies gunakan untuk mengenalkan dan mengeajarkan kepada anak.




Series Bunny namanya, busy book series ini ideal untuk anak usia 6 bulan ke atas, yang mana sang anak sedang belajar meraba, mengenal objek, melatih koordinasi tangan juga mata, dan mulai penasaran dengan aktivitas- aktivitas yang dikerjakan orang tuanya atau orang lain.



Bunny Book berisi 10 aktivitas menyenangkan dan menarik, yang tentunya dapat membantu memaksimalkan potensi dan life skill anak. 10 aktivitas yaitu:

  1. Berupa hitung manik pelangi yang salah satu fungsinya dapat mengajarkan kepada anak tentang matematika sederhana yakni berhitung.
  2. Gosok gigi gorila dengan salah satu fungsinya sebagai media pengenalan salah satu aktivitas life skill kepada anak tentang menggosok gigi.
  3. Mencocokkan warna dan bentuk, aktivitas ini dapat mengenalkan kepada anak macam macam bentuk dan warna.
  4. Mengikat tali sepatu dengan salah satu fungsinya yaitu dapat melatih kekuatan otot jar jari tangan anak.
  5. Menjemur baju dalam aktivitas ini orang tua dapat mengajarkan kepada anak tentang aktivitas yang dapat menjadikan anak mandiri.
  6. Memakai baju juga dapat mengajarkan kepada anak tentang aktivitas yang dapat menjadikan anak mandiri
  7. Kancing-kancing warna, dapat difungsikan sebagai pengenalan tekstur padat kepada anak guna melatih sensory motoriknya.
  8. Telepon koin yang salah satu fungsinya adalah dapat mengajarkan kepada anak soal angka dan alat komunikasi.
  9. Petik apel dengan salah satu fungsi yakni sebagai pengenalan jenis buah beserta cara memanennya.
  10. Gerak alat transportasi darat dengan mobil, laut dengan perahu, udara dengan pesawat, yang memiliki fungsi sebagai pengenalan macam-macam alat transportasi.






Selain dapat digunakan untuk mengenalkan keterampilan kecakapan hidup bagi anak, aktivitas dalam Bunny Book ini tentunya juga dapat melatih konsentrasi dan kesabaran. Lalu dapat melatih motorik halus maupun kasar, mengenalkan warna, bentuk dan berhitung, serta mengembangkan kreativitas serta bahasa pada anak.


Yang pastinya dapat meningkatkan kreativitas orang tua,  juga dapat menaikan bonding antara orang tua dengan anak, karna dalam bermain Bunny book ini, orang tua juga berperan dalam mengarahkan anak dalam melakukan aktivitas-aktivitas disetiap halamannya.




Busy Book series Bunny ini dapat menjadi media untuk bermain dan belajar anak ya Fobbies, karna berisikan 10 aktivitas yang berbeda sehingga dapat juga menguragi rasa bosan terhadap anak. Selain itu, jika Fobbies merasa kesulitan untuk mengajak anak secara langsung dalam melakukan aktivitas seperti mencuci baju, dan lainnya, Fobbies dapat menggunakan Busy Book series Bunny ini ya, jadi ga perlu repot repot lagi.


Dan keunggulan lainnya yaitu Busy Book series Bunny ini dapat dibawa kemana-mana dan nantinya akan mendapatkan free pouch untuk tempat penyimpanan agar tetap terjaga kebersihannya. Jadi banyak banget kelenihan dan  manfaat yang didapatkan dari Busy Book Bunny ini ya Fobbies, tidak hanya mnafaat untuk anak saja, tapi juga untuk orang tua yaa.




Sudahkah Fobbies memiliki Busy Book series Bunny ?





Mentioned Products :
Busy Book Vol. 1- Bunny
Busy Book Vol.3 - Fox
Busy Book Islami Vol.1 - BeeBee Book Tema Islami
Busy Book Vol. 2 - Bear
Aug 11, 2021
Cara Ampuh Memaksimalkan Pertumbuhan dan Mengukur Tinggi Badan Ideal Anak


Bagi orang tua sudah seharusnya mengetahui dan memperhatikan pertumbuhan anak. Baik dari segi tinggi badan, berat badan, lingkar kepala, juga lingkar lengannya. Orang tua bisa memantau pertumbuhan anak dengan cara rutin mengukur tinggi badan sesuai usianya. Meski begitu, orang tua juga haru memperhatikan asupan gizi anak agar dapat tumbuh secara optimal.


Pertumbuhan setiap anak memang berbeda-beda, tergantung dengan asupan gizinya, stimulasi tumbuh kembangnya, dan ada juga karna faktor genetik. Dari tinjauan dr. Kevin Adrian, ada beberapa cara untuk memaksimalkan pertumbuhan anak:


  1. Memberikan Makanan Bergizi

Pada awal mpasi, orang tua sudah dianjurkan untuk memberi asupan nutrisi yang seimbang kepada anak. Mulai dari makanan yang kaya akan protein, lemak nabati, lemak hewani, vitamin, mineral, serta kalsium juga zat besi. Nutrisi tersebut dapat diperoleh dari ikan, daging, kacang-kacangan, sayuran hijau, buah, dan jika dirasa perlu, dapat menambahkan suplemen vitamin


2. Memberikan Susu

Jika ada istilah menu empat sehat lima sempurna, maka yang kelima adalah susu. Selain memberikan makanan bergizi, orang tua juga dapat menambahkan susu dalam menu hariannya. Pilihlah produk susu yang mengandung asam amino esensial yang diperoleh dari sumber protein susu sapi, protein whey, dan protein soya dari kedelai. Selain baik bagi pertumbuhan anak, susu juga baik untuk menjaga kesehatan tulangnya. Kini produk susu sudah berinovasi dengan berbagai macam varian rasa guna menambah selera anak. 


3. Memastikan Bahwa Anak Cukup Tidur dan Rutin untuk Berolahraga

Menerapkan Pola tidur yang baik dan membiasakan anak untuk berolahraga dengan rutin dapat membuat pertumbuhan badannya optimal. Karna dengan keduanya, dapat meningkatkan produksi hormon pertumbuhan. Meski belum dibuktikan secara ilmiah, ada beberpa olahraga yang sering kali dianggap dapat menambah tinggi badan anak, diantaranya berenang, basket dan lompat tali.



Lalu, Berapakah Tinggi Badan Ideal Anak Menurut Usia?


Dilansir dari laman alodokter.com Tinggi badan ideal adalah rentang ukuran panjang tubuh yang normal sesuai usia dan jenis kelamin. Idealnya, pertambahan tinggi badan dari lahir hingga usia 1 tahun adalah sekitar 25 cm, 13 cm dari usia 1 tahun ke usia 2 tahun, dan usia 2 tahun ke usia 3 tahun adalah sekitar 9 cm. Sedangkan pertambahan tinggi badan dari anak usia 4 tahun hingga masa pubertas adalah 5 cm setiap tahunnya.


Berdasarkan standar Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang mengacu pada Badan Kesehatan Dunia (WHO), patokan tinggi badan yang ideal untuk anak dibedakan menurut usia dan jenis kelamin.





Nah untuk memudahkan para orang tua mengukur tinggi badan ideal anak, foxandbunny memiliki salah satu produk yang fungsionable dan tetap memberikan nilai edukasi dan nilai decoratif  didalamnya

Dan produknya adalah Grow Chart, yang memiliki 5 motif dan bisa orang tua pilih sesuai selera anak. Motifnya antara lain: motif dino, laut, hewan, planet, hutan, dan huruf hijaiyah. 



Keunggulan lain dari Grow Chart ini adalah orang tua tidak perlu menempelkan pada dinding, yang seringkali menyebabkan dinding rumah rusak. Lalu orang tua  cukup sediakan paku untuk menggantungnya dan dapat dipindah-pindah jika dibutuhkan.


Yuk terus pantau dan dukung tumbuh kembang buah hati dengan memiliki Grow Chart ini ya.. ☺






Mentioned Products :
Grow Chart - Pengukur Tinggi Badan Anak